Tip Aman Menggunakan Facebook


Sahabat Netter....terima kasih atas kunjungan anda semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi para facebooker , masih seputar facebook, saya mendapat informasi mengenai tip aman menggunakan facebook, tentu anda ingin privasi anda aman dan tidak mau data pribadi anda diketahui orang lain tanpa seizin anda atau bahkan digunakan oleh orang lain untuk tujuan jahat (phising). Berikut ini saya mendapatkan informasi dari saudara Arif Gusti Putra (http://www.arifgustiputra.co.nr/)

Kaspersky Lab Tawarkan Obat Phising untuk Facebook




Kaspersky Lab (vendor keamanan interne), menginformasikan bahwa kode jahat yang disebarkan melalui situs pertemanan Facebook 10 (sepuluh) kali lebih efektif menginfeksi dibandingkan dengan distribusi malware melalui e-mail.

Pada Jumat (15/5), Facebook kedapatan giliran serangan phising. Phising merupakan sebuah taktik yang didesain oleh penjahat dunia maya untuk mencuri identitas seseorang, mengumpulkan data personal dan digunakan untuk menipu dan mendapatkan uang korbannya).

Sejauh ini, pengguna internet dinilai lebih tertarik untuk meng-klik sebuah link yang diterima dari teman mereka, dibandingkan link dari pesan spam yang dikirim secara random.

Berhubungan dengan peristiwa tersebut, Kaspersky Lab baru-baru ini melihat adanya peningkatan besar dalam serangan phising pada halaman login Facebook. Pengguna dunia maya menggunakan sistem pesan internal situs untuk mengirimkan pesan singkat yang secara langsung akan mengarahkan pengunjung menuju sebuah website yang sengaja dirancang menyerupai layar login Facebook.

"Tipuan phising dapat berhasil dengan berpura-pura menjadi sesuatu yang pada awalnya terlihat legal untuk memancaing korban. Tetap waspada dan lakukan tindakan pencegahan yang tepat merupakan kunci untuk tidak masuk ke dalam perangkap mereka," terang David Emm (Anggota Tim Penelitian dan Analisa Global Kaspersky Lab) melalui sebuah keterangan tertulis. Untuk menjawab tantangan bahaya phising, Kaspersky Lab menawarkan panduan online gratis untuk tetap aman dari serangan phising yang belakangan menyerang Facebook, di antaranya adalah:

• Untuk situs seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login, atau mengetik URL secara langsung di browser address bar. • Jangan mengklik link pada pesan email.

• Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.

• Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.

• Cari tanda giveaway dari email phising: - Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada anda. - Jika anda bukan satu-satunya penerima email. - Jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa.

• Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate anti-virus.

• Menginstall patch keamanan.

• Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.

• Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator.

• Back up data anda. "Tingginya profil laporan penipuan seperti yang belakangan ini menimpa Facebook, meningkatkan kesadaran akan resiko para penjahat dunia maya, tetapi penting untuk memberi penjelasan bahwa hal tersebut bukan merupakan kejadian langka, seperti kita mendeteksi lebih dari 17.000 ancaman internet baru setiap hari," ujar Emm seraya mengingatkan.

0 komentar:

Posting Komentar